Pendahuluan

 

Dalam era persaingan global dalam segala aspek kehidupan saat ini diperlukan penataan ekonomi dan kemasyarakatan para pelaku ekonomi dan bisnis baik secara individu, kelompok masyarakat maupun kelembagaan di sektor swasta, pemerintah baik berskala lokal, regional, nasional bahkan internasional.

Perlu disadari bersama bahwa para pelaku bisnis, pimpinan organisasi pemerintah (birokrat) dan swasta harus dibekali kemampuan, wawasan dan keterampilan untuk memanfaatkan sumberdaya. Mereka membutuhkan tambahan ilmu pengetahuan dan keterampilan berkenaan dengan bagaimana menggunakannya untuk keberhasilan menjalankan bisnis, mengelola pemerintahan dan organisasi secara inovatif, efektif,dan efisien. Mereka harus mengetahui tidak hanya berperan menjadi manager, atau pimpinan organisasi, tetapi juga berperan sebagai wirausahawan (entrepreneur).

Upaya meningkatkan pengetahuan, meningkatkan keterampilan dalam mengelola organisasi bisnis, pemerintahan, ekonomi dan kemasyarakatan, Pusat Pengkajian Manajemen dan Ekonomi Masyarakat (PPM EM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya menyediakan jasa/ layanan dan secara proaktif bekerja sama mewujudkan keberhasilan dalam bidang bisnis, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Tujuan kami tidak sekedar memberi pengetahuan, tetapi juga membina, membimbing dan melakukan pengkajian atau penelitian di bidang pemerintahan/publik dan bisnis.

 Di samping itu, kami menyediakan jasa pelatihan, jasa konsultasi manajemen, ekonomi maupun sosial kemasyarakatan dan koperasi.

Harapan kami  melalui kerjasama dengan Pusat Pengkajian Manajemen dan Ekonomi Masyarakat (PPM EM) FEB Unibraw diperoleh banyak keuntungan yang akan dirasakan dan kemajuan yang sangat berarti.

Sebagai suatu institusi yang bergerak di bidang pengkajian manajemen dan ekonomi masyarakat, mengemban misi untuk  meningkatkan pengetahuan dan keterampilan manajemen,  memberikan solusi permasalahan bisnis, masalah pemerintahan, ekonomi dan kemasyarakatan.

Pusat Pengkajian Manajemen dan Ekonomi Masyarakat (PPM EM) siap membantu mitra kerja yang membutuhkan bantuan dan kami juga menyediakan pakar yang kompeten dalam bidangnya masing-masing, seperti: Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan dan Bank, Manajemen Sumberdaya Manusia, Manajemen Strategi dan Operasional, Keuangan Daerah, Manajemen Pelatihan, Manajemen Pemerintah Daerah dan sebagainya untuk membantu menyelesaikan masalah, memberikan pemikiran baru dan memfasilitasi agar menjadi pribadi-pribadi yang sukses. Hanya dengan pertolongan Tuhan (ALLAH), kita  akan mampu mengatasi semua permasalahan yang menjadi penghambat. Semoga Tuhan (ALLAH) memberikan kekuatan kepada kita agar dapat membangun bangsa ini menjadi lebih makmur dan sejahtera. Amin.

Prof. Dr. Drs. Achmad Sudiro,ME

NIP. 19580529 198403 1 002

Direktur Pusat Pengkajian Manajemen & Ekonomi Masyarakat

 

Gambaran Singkat Pusat Pengkajian Manajemen dan Ekonomi Masyarakat

 

 Pusat Pengkajian Manajemen dan Ekonomi Masyarakat (PPMM EM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis merupakan Institusi Negeri di lingkungan Universitas Brawijaya Malang. Pendiriannya ditujukan untuk membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan peranan swasta dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Pusat Pengkajian Manajemen dan Ekonomi Masyarakat menyediakan pakar yang sudah berpengalaman dalam bidang  mengembangkan kemampuan Pengusaha Kecil, Menengah dan  Koperasi (UKM dan Koperasi) agar dapat secara bersama-sama berkembang seiring dengan perkembangan sektor formal. Kegiatan  diarahkan pada pelatihan (training), Seminar dan workshop di bidang manajerial dan  pemberian jasa konsultasi dan pendampingan dalam mengelola organisasi atau perusahaan.

Dalam era globalisasi multidimensional menimbulkan dampak positif sekaligus juga negatif yang mengharuskan para pelaku bisnis menggunakan strategi baru dalam merespon tantangan dan peluang yang ada. Pusat Pengkajian Manajemen dan Ekonomi Masyarakat (PPM EM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya memberikan pelayanan kepada mitra kerja yang membutuhkannya seperti: Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Instansi Pemerintah (Propinsi, Kota/Kabupaten, Perusahaan Daerah dan organisasi-organisasi swasta, seperti diantaranya Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah Jawa Timur dan Indonesia. Jasa/layanan yang ditawarkan meliputi jasa pengkajian (research) bidang manajemen, ekonomi dan kemasyarakatan yang dapat digunakan sebagai informasi dalam membuat keputusan yang efektif. Di samping itu juga ditawarkan jasa pelatihan (training), Seminar,workshop dan konsultasi atau pendampingan dalam mengelola usaha dan atau pemerintahan.

Pembangunan yang mengarah pada otonomi daerah menjadi tuntutan dan sekaligus keinginan daerah, good governance merupakan cita-cita yang ingin diwujudkan di bidang pemerintahan maupun pelaku usaha sebagai dasar untuk membangun Indonesia baru yang dicirikan dengan masyarakat madani. Untuk merealisasikan cita-cita yang luhur tersebut sangat diperlukan adanya perubahan cara berfikir (mindset) di kalangan pelaku bisnis dan pengelola pemerintahan. Tugas itu menjadi tanggung jawab dari para pemikir (thinkers) yakni mereka yang umumnya berasal dari kalangan intelektual guna memberikan pencerahan dalam peransertanya membangun Indonesia baru. Pusat Pengkajian Manajemen dan Ekonomi Masyarakat (PPM EM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya merupakan bagian dari masyarakat kampus yang memiliki sumberdaya manusia intelektual merasa ikut bertanggung jawab terhadap hal tersebut. Untuk itu, dengan sumberdaya yang dimiliki terutama manusia (human resources capacity), Pusat Pengkajian Manajemen Ekonomi Masyarakat (PPM EM) FEB Unibraw bermaksud untuk membantu masyarakat yakni para pelaku bisnis swasta dan pemerintah dan masyarakat,serta organisasi lain maju dan berkembang seiring dengan tuntutan zaman. Kompetensi sumberdaya manusia di Pusat Pengkajian Manajemen dan Ekonomi Masyarakat (PPM EM) FEB Unibraw dengan kualifikasi didasarkan pada kemampuan yang dimiliki, yang terdiri dari orang-orang yang berpengalaman dengan latar belakang pendidikan Magister (S-2) dan Doktor (S-3) dari dalam dan luar negeri. Memiliki integritas dan etika dalam menjalankan profesinya, bertanggung jawab atas hasil yang diberikan dan lebih berorientasi pada kemaslahatan masyarakat. Oleh karena itu bermitralah dengan Pusat Pengkajian Manajemen dan Ekonomi Masyarakat (PPM EM) FEB Unibraw agar segala permasalahan dapat teratasi, selanjutnya kemajuan dan kemaslahatan dapat dicapai bersama.

 Pusat Pengkajian Manajemen dan Ekonomi Masyarakat (PPM EM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang memberikan pelayanan di bidang :

  1. Penelitian dan pengkajian  bisnis, manajemen dan ekonomi masyarakat dan koperasi.
  2. Pelatihan, Seminar, workshop dan konsultasi bidang manajemen usaha dan pengelolaan daerah.
  3. Jasa konsultasi dan pendampingan bagi pengelola usaha kecil, menengah dan koperasi
  4. Penyusunan Studi Kelayakan Bisnis
  5. Penyusunan Sistem Informasi dan Akuntansi
  6. Aktivitas lain yaitu mambantu perusahaan BUMN dan BUMD dalam pembinaan usaha kecil dan koperasi yang menjadi mitra binaannya.

 

Visi, Misi dan Tujuan dari PPM EM FEB Unibraw

Visi

Menjadi pusat pengkajian manajemen dan ekonomi unggul bagi institusi pemerintah dan usaha swasta serta masyarakat di bidang penelitian, pelatihan, konsultasi dan pendampingan yang berkelanjutan

Misi

Membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi institusi pemerintah dan swasta dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi dan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan

  1. Memberikan penyediaan informasi hasil kajian yang akurat dan dapat dipercaya  melalui aktivitas penelitian;
  2. Membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi instansi pemerintah dan swasta melalui  konsultasi dan pendampingan;
  3. Memberikan wawasan, pengetahuan dan metode berfikir analitis dalam membantu individu maupun kelompok untuk menjalankan tugas dan fungsinya secara efektif, efisien dan produktif, melalui aktivitas pelatihan dan pembinaan.

 

SUSUNAN ORGANISASI 

PUSAT PENGKAJIAN MANAJEMEN & EKONOMI  

MASYARAKAT (PPM EM)

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA

MALANG

 

 

Susunan Personalia Pusat Pengkajian Manajemen dan Ekonomi Masyarakat (PPM EM)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang

Dekan                                     : Gugus Irianto, SE.Ak, MSA, Ph.D

Direktur                                 : Prof. Dr. Drs. Achmad Sudiro, ME

Sekretariat                            :  Herissa Shintya Davina, SE.

Team Leader / Bendahara  Proyek            :

- Dr.M.Khusaini,SE,MA

- Dr.Drs.Sudjatno

- Mugiono, SE.,MM

Staf Ahli                                 :

- Prof. Dr. M. S. Idrus, SE., M.Sc., Ph.

- Prof. Dr. Djumilah, SE.

- Prof. Moeljadi P., SE., MS.

- Prof.Eko Ganis Sukoharsono,SE.,M.Com.,Hons.,Ph.D

 

Bidang – bidang Kegiatan:

- Bidang Kajian Ekonomi dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur

- Bidang Pelatihan/ Seminar/Workshop

- Bidang Konsultasi dan Pelatihan

- Bidang Kajian UMKM Dan Koperasi

- Bidang Kajian Ekonomi dan Pemerintahan Kota dan Kabupaten

 

Tenaga Ahli:

Dr. Achmad Helmy Djawahir, SE.

Dwi Budi Santoso, SE, ME, PhD

Dr. Made Sudarma, MM., Ak

Dr. Djumahir, SE., MM

Dr. Mintarti Rahayu, SE., MS

Didied Poernawan A., SE., MBA., Ak.

Dr. Fatchur Rochman, SE, MSi

David Kaluge, SE, MS,MEc, PhD

Dr. Siti Aisyah, SE, M.Si

Wahdiyat Moko, SE, MM

Dr. Rofiaty, SE, MM

Dr. Christin Susilowati, SE, MM

Putu Mahardika Adi Saputra, SE., M.Si, Ph.D

Terry Prasetya, SE., M.App.Ec

Devanto Shasta Pratomo, SE., M.Si., Ph.D

Aulia Rahman,SE.,M.Si.,Ph.D.,DBA

 

Serta didukung oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Tenaga Ahli di lingkungan Universitas Brawijaya

Daftar Kegiatan yang Dilakukan

No.

Nama Kegiatan

Pihak Kerja Sama

TAHUN 2010
1. Model Aksebilitas Perijinan Industri Kecil di Kabupaten Blitar Dinas Perisdustrian dan Perdagangan Kab. Blitar
2. Penyusunan Model Pembinaan Integratif Kompetitif Sebagai Upaya Peningkatan dan Pemberdayaan Industri Kecil di Kabupatan Blitar. Dinas Perisdustrian dan Perdagangan Kab. Blitar
3. Kajian Dampak Eksternal Terhadap Komoditi Unggulan Ekspor Jawa Timur. Biro Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Jatim
4. Perencanaan Kebijakan Pengembangan Perdagangan di Jawa Timur Tahun 2011 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Provinsi Jawa Timur
5. Pemberdayaan Peran Perempuan dalam Mengentaskan Kemiskinan dan Pembangunan di Jawa Timur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Provinsi Jawa Timur
6. Strategi Peran Gender dalam Pembangunan Daerah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Provinsi Jawa Timur
7. Perencanaan Strategi Peningkatan Nilai Tambah Sektor-sektor Lapangan Usaha di Jawa Timur Tahun 2011 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Provinsi Jawa Timur
8. Peran Pasar Tenaga yang Fleksibel Dalam Mengatasi Pengangguran di Jawa Timur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Provinsi Jawa Timur
9. Strategi Pembinaan Pemuda dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pemuda di Jawa Timur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Provinsi Jawa Timur
10. Kebijakan Percepatan Pengembangan Sektor Riil Di Jawa Timur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Provinsi Jawa Timur
11. Strategi Bisnis Industri Tembakau dan Hasil Tembakau di Jawa Timur Dalam Menyikapi Kenaikan Tarif Cukai Biro Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur
12. Pengembangan  Model Ekonomi Kreatif Melalui Value Cahin Strategy (Strategi Pendekatan Rantai Nilai) Pada Kelompok Usaha Batik (Studi Pada Industri Kerajianan di Jawa Timur) Biro Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur

No.

Nama Kegiatan

Pihak Kerja Sama

13. Strategi Peningkatan Partisipasi dan Potensi Perempuan Dalam Upaya Mengurangi Tingkat Pengangguran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Provinsi Jawa Timur
14. Strategi Peningkatan Peran serta Masyarakat dan Swasta Dalam Rangka Menunjang Mutu Pendidikan di Jawa Timur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Provinsi Jawa Timur
15. Penyusunan Strategi Penyediaan Lapangan Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Provinsi Jawa Timur
16. Strategi Peningkatan Kualitas Masyarakat Miskin Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Provinsi Jawa Timur
17. Perencanaan Keterkaitan Sektor Ekonomi Dan Distribusi Pendapatan Di Jawa Timur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Provinsi Jawa Timur
18. Pengembangan Sumber Dana Alternatif Untuk Pembiayaan Pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Provinsi Jawa Timur
19. Branding Jawa Timur Biro Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur
20. Rencana Peraturan Daerah Kab. Blitar Tentang Pajak Daerah Pemerintah Kabupaten Blitar
21 Rancangan Peraturan Daerah Kab. Blitar Tentang Retribusi Jasa Usaha Pemerintah Kabupaten Blitar
22. Evaluasi dan Identifikasi Potensi Pasar Kab. Pasuruan Pemerintah Kabupaten Pasuruan
23. Inventarisasi dan Identifikasi Peluang Kerjasama Daerah Dengan Kajian Potensi Pasar Purwosari dan Pasar Pandaan di Kabupaten Pasuruan Pemerintah Kabupaten Pasuruan
24. Penyusunan Master Plan Ekonomi Daerah Kota Mojokerto Pemerintah Kota Mojokerto
25. Penyusunan Rencana Pembangunan Pertanian Di Kota Mojokerto Pemerintah Kota Mojokerto
26. Review Master Plan Kesehatan Kabupaten Pasuruan Tahun 2010 Pemerintah Kabupaten Pasuruan
27. Strategi Pengembangan Ekowisata Di Jatim Bappeprov Jatim

 

 

No.

Nama Kegiatan

Pihak Kerja Sama

Tahun 2011   1.Review Rancangan RPJMD Kab. Banyuwangi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Kab. Banyuwangi 2.Penyusunan Rancangan RPJPD dan Review Rancangan RPJPD Kab. Banyuwangi Tahun 2005-2025 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Kab. Banyuwangi 3.Penyusunan Kebijakan Percepatan Investasi Daerah Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Jawa TimurBiro Administrasi Perekonomian Daerah Provinsi Jawa Timur 4.Strategi Memasuki Pasar AustraliaDinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur 5.Strategi Memasuki Pasar MalaysiaDinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur 6.Penyusunan Strategi Program Penyediaan Infrastruktur Dan Jaringan Pendukung Bagi Pengembangan UMKM Di Jawa TimurBadan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur 7.Penyusunan Rencana Program Peningkatan Kualitas Kelembagaan Koperasi Jawa TimurBadan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur 8.Penyusunan Kebujakan Analisis Input Output Masyarakat Petani Tembakau di Jawa TimurBiro Administrasi Perekonomian Daerah Provinsi Jawa Timur 9.Penyusunan Kebijakan Strategis Peningkatan Daya Saing dan Peran Masyarakat Petani Tembakau Jawa TimurBiro Administrasi Perekonomian Daerah Provinsi Jawa Timur 10.Kajian Pemberdayaan Ekonomi Masyarkat Melalui Pengmbangan Pendidikan Non Formal di Provinsi RiauBadan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Riau 11.Penyusunan Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) Kabupaten PonorogoBadan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Ponorogo 12.Penyusunan Rencana Aksi Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten PonorogoBadan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Ponorogo 13.Penyusunan Porspektus Bisnis Pengembangan Produk Unggulan Daerah di Kabupaten Ponorogo Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Ponorogo 14.Pemetaan Usaha Ekonomi Mikro Berbasis Hasil Pertanian di Kabupaten PonorogoBadan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Ponorogo 15.Penyusunan Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah (RAPERDA) Tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten BlitarDinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Kabupaten Blitar 16.Koordinasi Penyusunan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ)Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Mojokerto 17.Penyusunan Pemetaan Daerah Rawan PanganBadan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Mojokerto 18.Pembangunan Pusat Data Informasi Ekonomi, Sosial, BudayaBadan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Madiun 19.Penyusunan Rencana Program Klaster Ekonomi Kawasan Selatan Jawa TimurBadan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur 20.Penyusunan Rencana Induk Ketenagakerjaan di Kabupaten PasuruanBadan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pasuruan 21.Program Perlindungan Konsumen Dan Pengamanan Perdagangan Dalam Kegiatan Evaluasi Dan Identifikasi Potensi Pasar Kabupaten Pasuruan Terkait Dengan Kajian Evaluasi Dan Identifikasi Penggunaan Aset DaerahDinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Pasuruan 22.Penyusunan Masterplan Penanggulangan KemiskinanBadan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Mojokerto 23.Strategi Pengendalian Inflasi Daerah Kota Madiun Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Madiun 24.Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten BlitarBadan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Madiun 25.Penyusunan Laporan Monitoring dan Evaluasi Kota MojokertoBadan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Mojokerto 26.Penyusunan Validasi Data Kemiskinan Kota MojokertoBadan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Mojokerto 27.Kajian Kinerja BUMB di Kabupaten BlitarDinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Blitar 28.Penyusunan Rancangan Peraturan Perundang-Undangan Terkait Dengan Penyusunan Naskah Akademik Dan Draf Rancangan Peraturan Daerah Tentang Penyertaan ModalDinas Pengelolaan Keua- ngan Daerah Kabupaten Pasuruan

Tahun 2012  1. Pendampingan Koperasi Wanita Dinas Koperasi UMKM Prov Jawa Timur 2.Kajian tentang potensi peningkatan komoditas pangan di kabupaten pasuruan 3.Badan penelitian pengembangan dan diklat kab. Pasuruan 4. Pengkajian tentang pengembangan kemitraan antara UMKM dalam peningkatan peran dan kinerja UMKM terhadap perekonomian Daerah Dinas UMKM Prov Jatim 5.Penyusunan KUA PPAS Perubahan TA. 2012 Bappeda Kab Sidoarjo 6.Analisa Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Strategi Manajemen Pembelian dan Supply Chain Pada Industri Kecil Dan Menengah Di Jatim Dinkop Provinsi Jatim 7.Kajian Usaha Pengembangan Agribisnis di Kabupaten Pasuruan Badan penelitian pengembangan dan diklat kab. Pasuruan  8.Kajian Potensi Ekonomi Kreatif Kabupaten Pasuruan Badan penelitian pengembangan dan diklat kab. Pasuruan 9.Pengadaan Software Pengelolaan Keuangan Daerah  Berbasis Web di KotaBatu 10.Evaluasi Program Sekolah Gratis Dinas Pendidikan Nasional Pemerintah Kota Malang 11.Penyusunan Data Validasi & Verifikasi Data PPLS Th 2011 Daerah Kab.Sidoarjo 12.Pendataan Bidang Industri dan Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur 13.Analisa Ekonomi Kabupaten Sidoarjo Tahun 2012 Penyusunan Review Kegiatan Renja SKPD Berdasarkan Indikator Output Bappeda Kab Sidoarjo 14.Strategi Pengembangan Ekspor di Wilayah Amerika Utara Disperindag Prov. Jatim 15.Strategi Pengembangan Ekspor di Wilayah Timur Tengah Disperindag Prov. Jatim 16.Strategi Pemasaran dan Pengelolaan Pariwisata Daerah Bappeda Kota Probolinggo 17.Pemetaan Kluster Unggulan Wilayah Selatan Berbasis Potensi Lokal Bappeda Kota Probolinggo 18.Analisa Belanja Daerah Provinsi Jawa Timur Dalam Rangka Perencanaan Belanja Daerah Tahun 2013 Bappeprov Jatim 19.Monitoring Evaluasi dan analisa pelaksanaan APBD Dinas Pendapatan, pengelolaan keuangan dan aset kota probolinggo 20.Kebijakan pemerintah provinsi jawa timur dalam upaya melestarikan Industri Tembakau Sebagai Produk Unggulan Daerah Biro adm perekonomian daerah Prov. Jatim 21.Peran Koperasi Dlm Meningkatkan Kesejahteraan Petani Tembakau di Jatim Biro adm perekonomian 22.Penyusunan Strategi Program Kelembagaan Ekonomi Lokal Masyarakat di Sekitar Kawasan Perkebunan Bappeprov Jatim 23.Kajian Optimalisasi Pemanfaatan dan Pengembangan Penyusunan Strategi Program Kelembagaan Ekonomi Bappeda Kota Madiun 24.Lokal Masyarakat di Sekitar Kawasan Perkebunan Madiun 25.Penyusunan Rencana Induk Pengembangan RSUD Kota Madiun 26.Penyusunan LKPJ Kota Mojokerto 27.Program peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan  Capaian Kinerja dan Keuangan Kegiatan Identifikasi Pemanfaatan Aset Kab. Pasuruan,  Terkait dengan Kajian Identifikasi KSO 28.Penyusunan Evaluasi pengukuran kinerja pemerintahan propinsi jawa timur dalam rangka pertanggung jawaban gubernur Bappeda Jatim 29.Kajian Dasar Pengenaan pajak Air Tanah Terkait dengan Kegiatan Pengembangan Dan Penataan Potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pasuruan 30.Program peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan  Capaian Kinerja dan Keuangan Kegiatan Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah 31.Penyusunan Rencana Induk Pembangunan Kependudukan Kab. Pasuruan th 2012 32.Strategi Percepatan Pencapaian MDG’s Kab. Pasuruan th 2012 33.Penyusunan Rancangan RKPD Kota Mojokerto Th 2013 34.Peningkatan dan Pengembangan Pengelolaan Keuangan Daerah dalam Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Investasi Daerah terkait dengan Pembuatan Kajian Holding Company Dinas Pengeloaan Keuangan 35.Monitoring dan Evaluasi Investasi Daerah terkait dengan Penyusunan Evaluasi Kinerja BUMD 36.Penyusunan Strategi Penyediaan Lapangan Kerja di Kota Madiun Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Madiun  37.Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang Penanaman Modal di Kabupaten Blitar pada BPR Jatim 38.Penyusunan Rancangan Peraturan Kepala Daerah tentang Pajak Daerah Kabupaten Blitar Tahun 2012 39.Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang Bagi Hasil Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Kepada Desa/Kelurahan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan  Asset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Blitar  40.Penyusunan Ranperda Tentang Penanaman Modal di Kab Blitar 41.Pendataan Potensi Pajak Daerah kota Blitar th 2012 42.Pendataan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan Kab. Blitar 43.Analisa Pengeluaran Publik Kabupaten Madiun Tahun 2012 peran Koperasi Bappeda Kab Madiun 44.Penyusunan Strategi dan Grand Design Penguatan data Saing Koperasi dan UMKM dlm Rangka Pengembangan Ekonomi Daerah di Kab. Ponorogo Th. 2012 45.Workshop Regulasi Perundang-undangan Inspektorat Kab. Blitar 46.Prospek Investasi dalam Rangka Penyusunan Potensi Peternakan di Kab.Ponorogo Th 2012 46.Kajian Produksi Sapi Perah dlm Mendorong Peningkatan Pendapatan Msy Lokal Ponorogo Th Anggaran 2012 47.Prospek Investasi dalam Rangka Penyusunan Potensi Bahan Tambang Kab.Ponorogo Th 2012 48.Penyusunnan Masteplan Pengelolaan Sumber Daya Alam Kab. Madiun Th 2012 49.Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang Penambahan Penanaman  Penyertaan Modal di Kabupaten Blitar pada BPR Jatim 50.Penyusunan Naskah Akademis Penataan Kelembagaan Perangkat Daerah Bid. Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset 51.Rancangan RPJMD Kabupaten Madiun  52.Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pelayanan Kesehatan di Kab.Pacitan Thn Anggaran 2012  52.Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pelayanan Pendidikan di Kab.Pacitan Thn Anggaran 2012  53.Penyusunan Naskah Akademis Penataan Kelembagaan Perangkat Daerah Sekretariat Daerah Bagian Organisasi Sekda Kab. Blitar Thn Anggaran 2012

 

Mitra Kerjasama

Beberapa instansi pemerintah, Badan Usaha Milik Negara, Organisasi Swasta sebagai mitra kerjasama Pusat Pengkajian Manajemen dan Ekonomi Masyarakat di bidang Kajian/penelitian, pelatihan, konsultasi/pendampingan meliputi antara lain :

1.         BUMN Dan BUMD Di Wilayah Jawa Timur

2.         BAPPEDA TK I JAWA TIMUR

3.         Pemkot/Pemkab di wilayah Jawa Timur

4.         LSM dan Peran serta Masyarakat

5.         Perusahaan swasta berskala kecil, menengah dan besar.

 

Alamat Kantor:

Pusat Pengkajian Manajemen dan Ekonomi Mayarakat (PPM-EM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang

Jalan Mayjen Haryono 165 Malang 65145 É (0341) 551396, 553834, 584726  Ext. 227  Fax (0341) 553834

Telp. Prof. Dr. Achmad Sudiro., SE., ME : 0811369464

E-mail ppmem.brawijaya@ymail.com Website : http// www.fe.unibraw.ac.id

NPWP Universitas Brawijaya: 00 036 389 5 652 000

 


*